B. Tugas Mandiri Wajib
Tugas mandiri wajib ada tiga, pertama (tugas mandiri wajib 1); Penyusunan Rencana Kegiatan Bermain/ Pengasuhan untuk 5 hari KBM (Modul Perencanaan Pembelajaran). Kedua (tugas mandiri wajib 2); Pelaksanaan KBM “Belajar Melalui Bermain” (Modul Cara Belajar Anak Usia Dini dan Modul Perlindungan, Keselamatan dan Keamanan Anak). Ketiga (tugas mandiri wajib 3); Kegiatan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (Modul Kesehatan dan Gizi Anak).
1. Tugas mandiri wajib 1
Tugas mandiri wajib 1 terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), untuk 5 hari Kegiatan Belajar Mengajar. Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian adalah sebagai berikut :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Semester/ Bulan/ Minggu Ke : 1/ Agustus / 3
Hari, Tanggal : Senin, 13 Agustus 2018
Usia : 3 – 4 Tahun
Model Pembelajaran : Kelompok
Jumlah Anak : 12
Tema/ Sub Tema/ Sub-Sub Tema : Lingkungan/ rumah/ bagian-bagian rumah
Materi Kegiatan :
1. Tuhan Maha Pencipta
2. Rumahku adalah rumah sehat
3. Kerapian dan keindahan hasil karyaku
4. Anak sholeh selalu berdisiplin berakhlak mulia
5. Mengenal bagian rumah dan peralatan yang ada di dalam rumah
Materi Pembiasaan :
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan
Alat dan Bahan :
1. Gambar rumah
2. Crayon dan pensil
3. Bentuk bentuk geometri dari kayu
4. Kertas marmer bentuk persegi empat dan segitiga
5. Buku menempel
6. Lem kertas
7. Tali nilon
8. Plastisin
A. KEGIATAN PEMBUKA ( 07.30 - 08.00 )
1. Berbaris
2. Salam dan berdoa
3. Membaca Asmaul husna dan surat Alfatihah
4. Berjinjit berjalan kedepan
5. Apersepsi tentang bagian-bagian rumah ( pintu, lantai )
6. Berdiskusi tentang ciri-ciri rumah sehat
7. Tepuk “rumah”, menyanyi lagu” indonesia raya”
B. KEGIATAN INTI ( 08.00 – 09.00 )
1. Mewarnai gambar rumah
2. Meronce bentuk geometri
3. Menempelkan pola segitiga dan persegi empat pada buku menempel dan menebalkan tulisan ‘rumah’
4. Kegiatan pengaman : Bermain plastisin.
C. ISTIRAHAT ( 09.00 – 09.30 )
1. Mencuci tangan
2. Berdoa
3. Makan siang
4. Menggosok gigi
5. Bermain
D. KEGIATAN PENUTUP (09.30 – 10.00)
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan kegiatan apa yang paling disukai
3. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
4. Do’a sehari-hari
5. Do’a setelah belajar
E. RENCANA PENILAIAN
Indikator penilaian
Program
Pengembangan
|
KD
|
INDIKATOR
|
Nilai moral
dan agama
|
1.1
3.2 – 4.2
|
· Anak
mampu bersyukur dirinya ciptaan Tuhan
· Anak
mampu berakhlak mulia
|
Motorik
|
2.1
3.3 – 4.3
|
· Anak
mampu mencuci tangan dan menggosok gigi
· Anak
mampu berjinjit berjalan ke depan
|
Sosial emosional
|
2.6
|
· Anak
mampu memiliki sikap disiplin
· Anak
mampu mengenal aturan
|
Kognitif
|
3.9 -4.9
|
· Anak
mampu mengenal bagian-bagian rumah dan peralatan yang ada di dalam rumah
· Anak
mampu mengenal bentuk geometri (segitiga,segiempat,lingkaran) dan warna
|
Bahasa
|
3.12 – 4.12
|
· Anak
mampu menebalkan tulisan ‘’ rumah’’
|
Seni
|
2.4
|
· Anak
mampu membuat rumah dengan pola segiempat dan segitiga
|
Mergomulyo, 10 Agustus 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelompok
Siti Khoiriyah Astina Ayu Masyan
( Catatan : RPPH ditulis selama 5 hari KBM ).
Terimakasih banyak..sangatembantu
BalasHapusTrima kasih kami merasa terbantu.
BalasHapusTrima kasih kami merasa terbantu.
BalasHapusBisa buat belajar agar mandiri
BalasHapusTerima kasih bunda
BalasHapusterima kasih sangat membantu
BalasHapus