BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pendidikan anak usia dini dilakukan dengan tujuan memberikan konsep yang bermakna bagi anak melalui pengalaman nyata dan bermakna.Hanya melalui pengalaman nyatadan bermaknalah anak menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu (curiousity) secara optimal dan menempatkan posisi pendidik sebagai pendamping, pembimbing serta fasilitator bagi anak,menghindari bentuk pembelajaran yang hanya berorientasi pada kehendak guru yang menempatkan anak secara pasif dan guru menjadi dominan.
Pendidikan anak usia dini sangatlah pentingbagi anak usia 0-6 tahunkarena masa ini adalah masa keemasan untuk kecerdasan anak dan agar anak siap melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Untuk itu melalui diklat berjenjang tingkat dasaryang telah diselenggarakan, para pendidik banyak mendapatkan ilmu untuk bekal dalam mendidik anak usia dini kearah yang lebih baik dari yang sebelumnya dan untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan PAUD agar menjadi pendidik dan kependidikan yang bermutu.
Dan laporan tugas mandiri ini merupakan tindak lanjut dari diklat berjenjang tingkat dasar yang telah dilaksanakan dan menjadi kewajiban bagi peserta untuk menyusun setiap kegiatan di lembaga PAUD tempat tugas pendidik melaksanakan tugas.
B. SARAN
Semoga diklat berjenjang tingkat dasar ini sebagai langkah awal pemerintah/ menteri pendidikan dalam memperbaiki mutu pendidikan anak usia dini. Selain itu kami sebagai pendidik anak usia dini terus menunggu program program pemerintah yang dapat memberikan ilmu bagi pendidik sehingga pendidik banyak pengalaman, pengetahuan yang dapat dijadikan bekal dalam mendidik anak usia dini, dan pendidik mengharapkan pemerintah/ menteri pendidikan anak usia dini dapat memfasilitasi kegiatan selanjutnya.
izin kopi paste ya.. terimakasih
BalasHapusizin kopi paste y
BalasHapusizin copas juga nggih.. matur suwun
BalasHapus