A. Rencana dan Jadwal Kegiatan
Tugas mandiri dilaksanakan di KB. Aisyiyah Mergomulyo selama 30 hari, dalam penulisan laporan tugas mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, perlu adanya perencanaan dan jadwal kegiatan.
1. Jadwal Kegiatan
No.
|
Jumlah
Hari
|
Tanggal
|
Kegiatan
|
1
|
1
hari
|
8
Agustus 2018
|
Menyusun RPPH
|
2
|
1
hari
|
9
Agustus 2018
|
Konsultasi RPPH ke
Pembimbing
|
3
|
2
hari
|
10,
11 Agusutus 2018
|
Melaksanakan KBL
|
4
|
5
hari
|
13,14,15,16,20
Agustus 2018
|
Melaksanakan KBM
|
5
|
2
hari
|
21,
23 September 2018
|
Diskusi umum tugas
mandiri
|
6
|
2
hari
|
24,
25 Agustus 2018
|
Kunjungan ke Gugus
PAUD
|
7
|
9
hari
|
27,
28, 29, 30, 31 Agustus 2018 dan
1,
3, 4, 5 September 2018
|
Mulai menyusun
laporan tugas mandiri
|
8
|
1
hari
|
6
September 2018
|
Diskusi Umum dan
pengarahan dari Pembimbing
|
9
|
6
hari
|
7,
8, 10, 12, 13, 14 September 2018
|
Evaluasi dan
perbaikan tugas mandiri
|
10
|
1
hari
|
15
September 2018
|
Penyerahan laporan
tugas mandiri
|
2. Uraian Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan dalam tugas mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar PAUD adalah:
a. Menyusun RPPH
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), dibuat agar semua kegiatan pembelajaran tersusun dan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan, serta tepat sasaran terhadap aspek yang ingin dikembangkan terhadap peserta didik. Untuk itu perencanaan pembelajaran sangat penting bagi pendidik dan setiap tenaga pendidik harus dapat menyusun perencanaan dengan baik.
b. Konsultasi RPPH ke Pembimbing
Konsultasi RPPH dilakukan dengan tujuan pembelajaran yang direncanakan sesuai dengan hakikat pembelajaran anak usia dini, cocok dengan perkembangan usia dan kebutuhan anak. Konsultasi ini dilakukan sebelum Pendidik mengajar, dan setelah RPPH tersebut selesai dibuat.
c. Melaksanakan Kunjungan Belajar Lokal (KBL)
Kunjungan Belajar Lokal (KBL) dilakukan di KB Mutiara Karangbangun. Kunjungan Belajar Lokal (KBL) ini dilakukan untuk melihat bagaimana metode-metode yang telah digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak melalui kemasan kurikulum yang sistematis, penataan lingkungan belajar yang nyaman, serta peran orang tua dalam mendukung pendidikan anak usia dini. Diharapkan dari apa yang dilihat secara langsung ini akan menambah pengetahuan dan keterampilan bagi para tenaga pendidik PAUD.
d. Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran di KB Aisyiyah Mergomulyo dilakukan lima hari dalam seminggu yaitu pada hari senin sampai dengan hari Jumat, mulai dari pukul 07.30 s/d 10.00 WIB. Kegiatan ini sangatlah penting dalam melaksanakan tugas mandiri karena dalam kegiatan ini, pendidik dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh ketika mengikuti pendidikan dan latihan dasar. Kegiatan mengajar dilakukan sesuai rencana mingguan dan rencana harian yang telah disusun KBM, dilaksanakan dengan konsep bermain, bernyanyi, bercerita bermain peran dan lain-lain, agar anak-anak senang tetapi mengandung makna dan tujuan serta indikator yang ingin dikembangkan pada anak-anak usia dini dapat tercapai dengan baik dan pendidik berperan aktif bersama agar anak dalam kegiatan ini lebih termotivasi dengan baik serta stimulus yang diberikan sesuai dengan perkembangan anak. Pendidik memberikan permainan yang dapat menstimulus kecerdasan otak anak, setelah itu pendidik mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan.
e. Kunjungan ke Gugus PAUD
Upaya peningkatan mutu pendidik seperti dipersyaratkan dalam Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Dosen dan Pendidik, menjadikan Gugus sebagai pintu masuk pertama (starting gate) yang strategis. Hal ini didasari oleh dua pemikiran, pertama; Gugus merupakan wadah berkumpulnya para pendidik pada level bawah dan paling memungkinkan bagi para pendidik untuk dapat berinteraksi dan berdiskusi secara cepat dalam mencari solusi terhadap permasalahan keseharian yang dihadapi disekolahnya. Kedua; Gugus dapat ditingkatkan peran dan fungsinya sebagai wahana pembinaan profesi bagi pendidik dan pengelola/kepala lembaga PAUD oleh unsur dan instansi terkait. Kunjungan Gugus PAUD ini dilaksanakan di TK Karangsatu Karangapandan. Pembinaan terhadap Gugus PAUD diharapkan dapat meningkatkan dan dan memperkuat mutu serta eksistensi pendidik PAUD yang akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan layanan PAUD yang lebih baik. Secara umum Gugus PAUD bertujuan untuk meningkatkan kinerja pembina pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam mengelola program PAUD secara profesional yang efektif dan efisien.
f. Mulai menyusun laporan tugas mandiri
Setelah menyusun rencana dan melakukan kegiatan tugas mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar PAUD. Penulis mulai melakukan penyusunan tugas mandiri. Penulis sudah berusaha sebaik mungkin agar penyajian laporan tugas mandiri ini dapat memenuhi salah satu tugas akhir mandiri pendidik anak usia dini. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan hasil penelitian ini jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimiliki penulis. Sehubungan dengan itu dengan sangat terbuka penulis menanti adanya masukan yang sifatnya membangun guna penyempurnaan isi laporan penelitian, sehingga kekurangan dan kelemahan dapat di perbaiki semaksimal mungkin.
g. Diskusi dan Evaluasi Tugas Mandiri
Setelah melaksanakan tugas mandiri para pendidik PAUD berdiskusi dan melakukan evaluasi tugas mandiri yang dilaksanakan di lembaga tempat mereka masing-masing bersama pendidik PAUD yang lain. Apabila menemukan masalah ketika pelaksanaan tugas mandiri, maka peserta berbagi pengalaman dalam melaksanakan di lembaga masing-masing.
h. Penyerahan laporan tugas mandiri
Setelah diskusi dan evaluasi dilaksanakan laporan tugas mandiri dikumpulkan sebagai hasil dari kegiatan tugas mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar PAUD yang telah dilaksanakan.
Sangat bermanfaat dan membantu
BalasHapus